Peningkatan aktivitas belajar dan sikap siswa dalam menghargai dalam masyarakat dengan penerapan model Problem Based Introduction pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI
Author (Penulis)
DEWI LINA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.03.0002
Abstract
DEWI LINA SARI : Peningkatan aktivitas belajar dan sikap siswa dalam menghargai dalam masyarakat dengan penerapan model Problem Based Introduction pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI
Kata kunci : 1.) Aktivitas belajar 2.) Sikap siswa 3.) Model Problem Based Introduction.
Kegiatan belajar mengajar disekolah dapat berlangsung dengan baikapabila ada komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Biasanya pengajaran dikelas masih berfokus pada guru sebagaisatu-satunya narasumber pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utamastrategi pembelajaran. Sehingga kejenuhan dan kurang aktifnya siswa menjadiproblem utama kurang maksimalnya proses pembelajaran. SMP PGRI 1 KEDIRI Kediri selama proses pembelajaran. Pendidikan Kewarganegaraan inicenderung masih sering menggunakan metode teacher centered. Sehingga rata-ratasiswa banyak yang mengalami kejenuhan dan pasif dalam pembelajaran.Dengan memperhatikan uraian singkat tersebut di atas, penulis mencoba untukmemberikan alternatif model pembelajaran, yaitu metode pembelajaran Problem Based Introduction.
Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-B tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 43 siswa.Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tahap siklusmeliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan danrefleksi. Pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa menghargai keberagaman dalam masyarakat mencapai kategori rata-ratacukup. baik dilihat dari trianggulasi (gabungan/perbandingan) antara penilaian aktivitas belajar siswa dan sikap siswa di dalam kelas. Karena pembelajaranpada siklus I belum maksimal dan belum mencapai sasaran minimal, maka perludiadakan pembelajaran siklus II. Aktivitas dan hasil belajar siswa menghargai keberagaman dalam masyarakat pada siklus II rata-ratasiswa mengalami peningkatan. Aktivitas dan sikap menghargai sesama di dalam kelas siswa mencapai kategorisangat baik setelah diukur dengan gabungan ketiga Instrumen seperti penelitianpada siklus I.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introdaction. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran Problem Based Introduction Telah terbukti dapat meningkatkan sikap siswa menghargai keberagaman dalam masyarakat.(3) Melalui siklus tindakan pembelajaran Problem Based Introduction terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa menghargai keberagaman dalam masyarakat.