PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YULI MANDA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.02.0040

Abstract

Abstrak YULI MANDA SARI: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa itu sendiri sudah mengganggap bahwa sejarah itu sulit, metode pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa kurang mampu memahami konsep dan penalaran sejarah. Pembelajaran bertujuan agar cara berfikir siswa menjadi cepat, tepat dan cermat sehingga siswa akan lebih terampil dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1)Bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri sebelum menggunakan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing? 2)Bagimana hasil belajar sejarah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri setelah menggunakan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing? 3)Adakah pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri? Hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “siswa kurang terampil dalam menyelesaikan soal” sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal terhadap pokok bahasan Corak Kehidupan Masyarakat Praaksara kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design (Pre-test and Post-test). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t independent untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas. Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing = 48,125 dan rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing = 73,75 dengan ?= 0,05 dan dk = 62. Dengan menggunakan rumus t independent diperoleh t hitung = 6,50 diperoleh t tabel = 1,99897 katena t hitung > t tabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Dari analisis data diketahui ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap terhadap hasil belajar siswa dalam soal corak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI