PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
YULI MANDA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.02.0040
Abstract
Abstrak
YULI MANDA SARI: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri
Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar.
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan
yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan
karena dari siswa itu sendiri sudah mengganggap bahwa sejarah itu sulit, metode
pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa kurang
mampu memahami konsep dan penalaran sejarah. Pembelajaran bertujuan agar
cara berfikir siswa menjadi cepat, tepat dan cermat sehingga siswa akan lebih
terampil dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan latar belakang tersebut,
penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1)Bagaimana
hasil belajar sejarah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri sebelum
menggunakan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing? 2)Bagimana hasil belajar
sejarah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri setelah menggunakan model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing? 3)Adakah pengaruh strategi pembelajaran
Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota
Kediri? Hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “siswa kurang
terampil dalam menyelesaikan soal” sebelum menggunakan model pembelajaran
Inkuiri Terbimbing, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memiliki pengaruh
terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal terhadap pokok bahasan
Corak Kehidupan Masyarakat Praaksara kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri”.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre
Experimental Design (Pre-test and Post-test). Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t
independent untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran.
Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji prasyarat yakni uji
normalitas.
Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa sebelum menggunakan
model pembelajaran Inkuiri Terbimbing = 48,125 dan rata-rata skor tes siswa
yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing = 73,75 dengan ?=
0,05 dan dk = 62. Dengan menggunakan rumus t independent diperoleh t hitung =
6,50 diperoleh t tabel = 1,99897 katena t hitung > t tabel maka disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing. Dari analisis data diketahui ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing terhadap terhadap hasil belajar siswa dalam soal corak