Pesantren selain sebagai sebuah lembaga yang pada dasarnya bertujuan mencetak muslim agar memiliki dan menguasai agama (tafaqquh fi al – din) juga bertujuan mencetak alumnus yang dapat menerapkan nilai serta norma yang berlaku dalam masyarakat sehingga ia dapat diterima dengan baik dan menjadi panutan dalam masyarakat sekitarnya, yang nantinya dapat memiliki kedudukan yang sebanding dengan ilmu yang didapatkan selama hidup dalam pesantren serta diharapkan kelak para santri yang telah lulus dari pesantren mampu hidup dengan layak dikalangan masyarakat sekitar.
Permasalahan peneliti ini adalah (1). Bagaimana Pola pendidikan yang diterapkan KH. Zamrodji Saerodji sehingga mampu meningkatkan tingkat Stratifikasi Sosial para alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong-Kepung-Kediri?(2)Bagaimana Tingkat Stratifikasi Sosial para alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong-Kepung-Kediri ?(3)Bagaimana peranan KH. Zamrodji Saerodji terhadap peningkatan stratifikasi sosial para alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong-Kepung-Kediri?.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Agar mencapai tujuan tersebut data dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi, serta observasi saat tarian berlangsung. Untuk menjaga keabsahaan data peneliti melakukan ketekunan pengamatan serta tringgulasi sumber data.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran yang diterapkan KH.Zamrodji Syaerodji di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong- Kepung- Kediri memakai dua sistem yakni :Sistem klasikdan Sistem klasikal(2) Tingkat Stratifikasi Sosial para alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong-Kepung-Kediri, Banyak dari alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong yang mempunyai tingkat stratifikasi sosial tinggi di masyarakat berdasarkan tingkat kekayaan yang dimilikinya.(3)Pengaruh peran KH. Zamrodji Syaeroji terhadap kesuksesan santri: Tidak akan mudah menyerah, malas, bimbang terhadap keputusan yang diambil, Dapat hidup mandiri, selaras dengan lingkungan , Dapat menjadi figur contoh yang baik, rasa kekeluargaan yang baik terhadap alumni serta keluarga besar Pesantren.
Arifin, M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta : Bumi Aksara.
Dirjen Kelembagaan Agama Islam. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta.2003.
Dirjen Kelembagaan Agama Islam. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta.2003.
Fatfinal M,Azizatul.2015. Pengaruh Peranan K.H Thoha Mu’id Terhadap Tingkat Kesuksesan (Stratifikasi Sosial) Alumni Pondok Pesantren Al Islah Bandar Kidul Mojoroto Kediri. Skripsi. Kediri. Sejarah. UNP Kediri.
Furcham, Arief. 1992. Pengantar Metodologi Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Ishomuddin. 2005. Sosiologi Perspektif Islam. Malang: Unmuh Malang.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mubari,Syafa’at.2012. Peranan Pondok Pesantren Dalam Penyebaran Agama Islam di Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.Skripsi.Kediri.STAI Hadanudin Pare.
Mulyana, Dedy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Narbuko,Cholid and Achmadi,Abu.2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nur Ifatin,Siti.2017. Perkembangan Jammi’ayyah Thariqah Qadariyah Wan Naqsabandiyyah di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong Kepung Kediri. Skripsi. Kediri. UN PGRI Kediri
Praswoto,Andi.2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.Jogjakarta: ArRuzz Media
Qomar, Muzamil. 2007. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi.
Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soyomukti, Nurani.2016. Pengantar Sosiologi. Jogjakarta: Aruz Media
Straus, Anselm. 1997. Dasar – dasar Penelitian Kualitatif. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Suprapto.2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS.
Tim Bahasa Pustaka Agung Harapan. 2003. Kamus Cerdas Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya :CV Pustaka Agung Harapan.
Usman, Husain Dan Purnomo Setidy Akbar. 1998. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara