STUDI KOMPARASI ANTARA PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN K.H HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
Author (Penulis)
AFIS FITROHADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.02.0003
Abstract
Abstrak
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah persamaan dan perbedaan pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy?ari, serta kontribusi K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyiam Asy?ari dalam bidang pendidikan. Dari fokus masalah yang sudah disebutkan tadi, penulis mengambil langkah untuk kemudian menganalisis atau menelitinya dengan tujuan mampu mengetahui, memahami, dan mampu mengambil kesimpulan dari pemikiran pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy?ari, sehingga hasil dari telaah tersebut mampu dijadikan kontribusi dalam terselenggaranya dan berkembangnya pendidikan Islam. K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy?ari memiliki persamaan dan perbedaan dalam memandang pendidikan Islam. Namun, secara umum mereka berdua sepakat bahwa pendidikan Islam merupakan sarana dan upaya yang tepat dan strategis dalam rangka menyelamatkan kehidupan manusia dari hal apapun. Sedangkan perbedaan yang terlihat dari kedua tokoh tersebut dalam memaknai pendidikan Islam adalah masalah substansi dari pendidikan Islam tersebut. K.H. Ahmad Dahlan cenderung bercorak modernis, sedangkan K.H. Hasyim Asy?ari cenderung bercorak tradisionalis. Kontribusi K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy?ari terhadap pendidikan Islam di Indonesia sangatlah banyak. K.H. Ahmad Dahlan dengan Muhammdiyahnya sudah mendirikan ribuan lembaga pendidikan, dan K.H. Hasyim Asy?ari dengan Nahdlotul Ulamanya juga sudah melahirkan lembaga pendidikan yang tersebar diseluruh Indonesia. Dan sampai sekarang sistem pendidikan Islam yang mereka berdua tawarkan masih dipergunakan dalam lembaga-lembaga pendidikan. Kata Kunci: Pendidikan islam, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H Hasyim Asy?ari