KORELASI INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK (MEDIA ONLINE) TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0578

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan facebook terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kandat. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan antara facebook dengan aktivitas belajar siswa. Di samping itu, metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Untuk memperoleh data yang objektif, maka digunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: a) Kuesioner/angket, metode ini berbentuk rangkaian atau kumpulan pertanyaan yang disusun secara sistematis data sebuah daftar pertanyaan kemudian dikirim kepada responden untuk diisi (Kuncoro, 2001 : 130). b) Observasi, teknik pengumpulan data terhadap aktivitas balajar ini adalah dengan mengambil data keaktifan siswa di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII SMPN 2 Kandat tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi sebanyak 249 siswa. jumlah sampel siswa kelas VII SMPN 2 Kandat 49 orang (>100 orang), sehinggga penelitiannya merupakan penelitian sampel. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis Product Moment menunjukkan “r” hitung = 0,291 sedangkan “r” tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,284 (0,291 (rxy) > 0,284 (rt)) sehingga (Ho) disetujui / diterima / terbukti kebenarannya). Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan facebook dengan aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kandat

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI