PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0554

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama bagi anak yang memberi dasar perilaku perkembangan sikap dan nilai kehidupan dari keluarga. Untuk belajar menghormati orang yang lebih tua serta membantu menyelesaikan berbagai masalah yang timbul. Orang tua di harap dapat membantu anaknya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk mengatasi masalahnya secara realistik dan simpati. Oleh karena itu keluarga sebagai tempat untuk mengkondisikan pemberian nilai positif pada anak.namun sayangnya keluarga menjadi sumberkonflik bagi sejumlah orang. Suasana keluarga yang tidak harmonis sering mendorong terjadinya konflik pada anggota keluarga terutama pada orang tua sukses tidaklah ditemukan dalam teori yang rumit, peraturan keluarga ya rumus tingkah laku yang sulit. Kunci tersebut didasarkan pada perasaan paling dalam, yaitu kasih dan kemesraan bagi anak, yang di buktikan dengan melalui empati dan pengertian, John Gottman (2008:13). untuk melakukan berbagai aktivitas untuk tujuan tertentu. Menurut Mc. Donald (2003:158) motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadaatautidaknya keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2014/2015 Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian pada Maret 2015, pengajuan judul penelitian sampai terselesainya laporan peneliti Agustus 2015. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri Ajaran 2014/2015 Penentuansampeldalampenelitianinimenggunakanteknik ran populasi dalampenelitianini 192 siswa setiap kelas. Uji validitas menggunakan rumus product moment dari Pearson, dan reliabilitas menggunakan rumus Spearman moment dari Pearson. Berdasarkanrumuskorelasi Product Moment menyatakanbahwa keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 2014/2015dengan N = BiladikonsultasikandenganrtabelN= dengandemikianrhitung lebih kecil antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Tahun Ajaran 2014/2015 Universitas Nusantara PGRI Kediri simki.unpkediri.ac.id Keluarga Terhadap Motivasi Belajar 3 Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Program Studi Konseling, UNP PGRI Kediri, 2015. keharmonisankeluarga, motivasi belajar rga tua. Kunci menjadi orang tua yang yang terperinci, atau perasaan-perasaan orang tua yang Motivasi adalah daya dorong atau daya gerak seseorang n Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruh keharmonisan 3 BLITAR , . 3 BLITAR random samplin siswa, dan jumlah sampel 36 siswa, diambil secara acak dari Spearman-Brown. Untuk analisis data menggunakan rumus product menyatakanbahwapengaruh keharmonisan 3 BLITAR dengan 36diperolehhasilperhitunganrhitung N=60padataraf signifikan 5% diperoleh kecildarirtabel (0,658<0,330). Artinyaada pengaruh sangat rendah Negeri Artikel Skripsi || 4|| Siswa Kelas Pendidikan harapkan ng alah pengaruh Tahun Ajaran ini dimulai penelitian ini yaitu Tahun dom sampling.Jumlah a pengaruh Tahun Ajaran hitung 0,154. % diperolehrtabel 0,329, ada 3 BLITAR

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI