PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0554
Abstract
Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama bagi anak yang memberi dasar perilaku
perkembangan sikap dan nilai kehidupan dari keluarga. Untuk belajar menghormati orang yang
lebih tua serta membantu menyelesaikan berbagai masalah yang timbul. Orang tua di harap
dapat membantu anaknya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk mengatasi
masalahnya secara realistik dan simpati. Oleh karena itu keluarga sebagai tempat untuk
mengkondisikan pemberian nilai positif pada anak.namun sayangnya keluarga menjadi
sumberkonflik bagi sejumlah orang. Suasana keluarga yang tidak harmonis sering mendorong
terjadinya konflik pada anggota keluarga terutama pada orang tua
sukses tidaklah ditemukan dalam teori yang rumit, peraturan keluarga ya
rumus tingkah laku yang sulit. Kunci tersebut didasarkan pada perasaan
paling dalam, yaitu kasih dan kemesraan bagi anak, yang di buktikan dengan melalui empati dan
pengertian, John Gottman (2008:13).
untuk melakukan berbagai aktivitas untuk tujuan tertentu. Menurut Mc. Donald (2003:158)
motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan
dan reaksi untuk mencapai tujuan
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadaatautidaknya
keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri
2014/2015
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian
pada Maret 2015, pengajuan judul penelitian sampai terselesainya laporan peneliti
Agustus 2015. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri
Ajaran 2014/2015
Penentuansampeldalampenelitianinimenggunakanteknik ran
populasi dalampenelitianini 192 siswa
setiap kelas. Uji validitas menggunakan rumus product moment dari Pearson, dan reliabilitas
menggunakan rumus Spearman
moment dari Pearson.
Berdasarkanrumuskorelasi Product Moment menyatakanbahwa
keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri
2014/2015dengan N =
BiladikonsultasikandenganrtabelN=
dengandemikianrhitung lebih kecil
antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP
Tahun Ajaran 2014/2015
Universitas Nusantara PGRI Kediri
simki.unpkediri.ac.id
Keluarga Terhadap Motivasi Belajar
3 Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Program Studi
Konseling, UNP PGRI Kediri, 2015.
keharmonisankeluarga, motivasi belajar
rga tua. Kunci menjadi orang tua yang
yang terperinci, atau
perasaan-perasaan orang tua yang
Motivasi adalah daya dorong atau daya gerak seseorang
n
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruh keharmonisan
3 BLITAR
, . 3 BLITAR
random samplin
siswa, dan jumlah sampel 36 siswa, diambil secara acak dari
Spearman-Brown. Untuk analisis data menggunakan rumus product
menyatakanbahwapengaruh keharmonisan
3 BLITAR
dengan 36diperolehhasilperhitunganrhitung
N=60padataraf signifikan 5% diperoleh
kecildarirtabel (0,658<0,330). Artinyaada pengaruh sangat rendah
Negeri
Artikel Skripsi
|| 4||
Siswa Kelas
Pendidikan
harapkan
ng alah pengaruh Tahun Ajaran
ini dimulai
penelitian ini yaitu
Tahun
dom sampling.Jumlah
a pengaruh Tahun Ajaran
hitung 0,154.
% diperolehrtabel 0,329,
ada 3 BLITAR