HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMKK SANTO YUSUF 2 WONODADI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HANIK PONIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0550

Abstract

ABSTRAK HANIK PONIATI : “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa SMK KATOLIK SANTO YUSUF Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 2015” Kata kunci : Konsep Diri dan Perilaku Menyontek Dalam dunia pendidikan konsep diri yang baik sangat penting bagi siswa dalam membangun kepercayaan diri pada setiap melaksanakan tugas-tugasnya, baik baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Perilaku menyontek adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar, namun hal tersebut masih kurang mendapat perhatian dalam wacana pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini peneliti menemukan permasalahan yang terjadi pada siswa SMK KATOLIK bahwa menyontek adalah hal biasa dan wajar dilakukan oleh siswa, hal ini cukup memprihatinkan sebagian besar siswa sudah pernah menyontek. Hal ini yang ingin dikaji oleh peneliti lebih dalam yaitu apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyontek? Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetehui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyontek pada siswa SMK KATOLIK . Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di WONODADI, dengan jumlah populasi 309 siswa dan jumlah sampel 70 siswa, pengambilan sampel dengan cara Proportional Random Sampling. Alat ukur psikologi yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan uji Pearson Correlation dengan bantuan penghitungan IBM SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat dibuat kesimpulan, yaitu ada hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku menyontek padasiswa SMK KATOLIK dengan nilai r = 0,575 dan Sig ( 2- tiled) sebesar 0,000. Hal ini pengertian semakin tinggi konsep diri maka akan diikuti pula dengan semakin rendahnya tingkat perilaku menyontek. Kata Kunci : Konsep Diri dan Perilaku Menyontek

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI