HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMKK SANTO YUSUF 2 WONODADI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
HANIK PONIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0550
Abstract
ABSTRAK
HANIK PONIATI : “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku
Menyontek Pada Siswa SMK KATOLIK SANTO YUSUF Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 2015”
Kata kunci : Konsep Diri dan Perilaku Menyontek
Dalam dunia pendidikan konsep diri yang baik sangat penting bagi siswa
dalam membangun kepercayaan diri pada setiap melaksanakan tugas-tugasnya,
baik baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Perilaku menyontek
adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering muncul menyertai aktivitas
proses belajar mengajar, namun hal tersebut masih kurang mendapat perhatian
dalam wacana pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini peneliti menemukan
permasalahan yang terjadi pada siswa SMK KATOLIK bahwa menyontek adalah
hal biasa dan wajar dilakukan oleh siswa, hal ini cukup memprihatinkan sebagian
besar siswa sudah pernah menyontek. Hal ini yang ingin dikaji oleh peneliti lebih
dalam yaitu apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyontek?
Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetehui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyontek pada siswa SMK KATOLIK . Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di WONODADI, dengan jumlah populasi 309 siswa dan jumlah
sampel 70 siswa, pengambilan sampel dengan cara Proportional Random
Sampling. Alat ukur psikologi yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan uji
Pearson Correlation dengan bantuan penghitungan IBM SPSS 21.0 for windows.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat dibuat
kesimpulan, yaitu ada hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan
perilaku menyontek padasiswa SMK KATOLIK dengan nilai r = 0,575 dan Sig ( 2-
tiled) sebesar 0,000. Hal ini pengertian semakin tinggi konsep diri maka akan diikuti pula dengan semakin rendahnya tingkat perilaku menyontek.
Kata Kunci : Konsep Diri dan Perilaku Menyontek