HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII SMPN 1 PAKELTAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

SAMSUL MUFRODIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0547

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rasa percaya diri siswa kelas VII SMPN 1 PAKEL tahun ajaran 2013/2014 yang masih belum optimal dan memerlukan bimbingan yang intensif dari sekolah. Oleh karena itu layanan bimbingan pribadi mengupayakan hal tersebut dengan memberikan berbagai macam program layanan langsung kepada pribadi siswa agar siswa dapat menjadi pribadi yang unggul dan penuh percaya diri menghadapi masa depan. Hal tersebut tentunya tergantung pada bagaimana siswa menyikapi layanan bimbingan pribadi apakah dengan sikap yang positif atau dengan sikap yang negatif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana sikap siswa terhadap layanan bimbingan pribadi pada siswa kelas VII SMPN 1 PAKEL? (2) Bagaimana rasa percaya diri pada siswa kelas VII SMPN 1 Pakel ? (3) Apakah ada hubungannya antara sikap siswa terhadap layanan bimbingan pribadi dengan rasa percaya diri pada Siswa Kelas VII SMPN 1 PAKEL ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap siswa terhadap layanan bimbingan pribadi dengan rasa percaya diri siswa kelas VII SMPN 1 PAKEL Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak yaitu 42 siswa dari 96 siswa kelas VII. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk memberikan data riil bagi pihak sekolah khususnya bagi konselor tentang kondisi dan karakter siswa sehingga konselor dapat mengembangkan siswa dan memberikan layanan yang lebih optimal agar siswa dapat meningkatkan kompetensi diri. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk data sikap siswa terhadap layanan bimbingan pribadi dan rasa percaya diri siswa. Analisis data menggunakan teknik statistik, yaitu dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dari hasil analisis sebagai simpulan penelitian adalah menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sikap siswa terhadap layanan bimbingan pribadi dengan rasa percaya diri siswa (Rxy= 0,593); Hubungan tersebut berdasarkan hasil interpretasi nilai r menunjukkan hubungan yang agak rendah. Atas dasar kesimpulan tersebut diuraikan beberapa saran : 1) bagi pihak sekolah terutama konselor agar dapat memberikan bimbingan kepada siswa yang kurang kepercayaan dirinya;2) bagi orang tua diharapkan dapat mengarahkan anaknya dengan lebih baik dan positif;3) bagi siswa untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri siswa sehingga dapat mengaktualisasikan diri dan menyesuaikan diri secara secara sempurna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI