Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Siswa Kelas X di SMA NEGERI 1 TALUN


Author (Penulis)

SUSI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0538

Abstract

Abstrak SUSI WULANDARI: Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 TalunTahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa dengan keluarga yang harmonis (utuh) konsep dirinya sudah berbeda dengan siswa yang keluarganya tidak harmonis. Siswa dengan latar belakang keluarga harmonis, cara bertingkah laku dan berpandangan selalu positif, seperti mematuhi aturan / tata tertib yang berlaku disekolah, sopan, rajin, menghormati orang lain dan lain-lain. Berbeda dengan siswa yang berlatar belakang keluarga yang tidak/kurang harmonis, maka konsep diri siswa menjadi negatif, yang hal tersebut dapat dilihat dalam setiap perilakunya, seperti suka memberontak, keinginannya untuk melanggar aturan/tata tertib sekolah lebih besar. Permasalahan penelitian ini adalah Adakah Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Pada Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 Talun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA NEGERI 1 TALUN. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa angket untuk mengumpulkan data keharmonisan keluarga dan konsep diri. Dan menggunakan teknik korelasi product-moment untuk menganalisa hasil data yang telah diperoleh dari angket. Hasil penelitian menunjukkan secara umum keluarga harmonis pada siswa Kelas X SMA NEGERI 1 TALUN, termasuk dalam kategori tinggi dan tingkat konsep diri tinggi pula. Besar hubungan taraf keharmonisan keluarga dan konsep diri siswa sebesar 0,446. Jadi berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa rhitung > rtable (0,446 > 0,344) dan nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata 5% (0,000 < 0,05 maka harga korelasi tersebut signifikan artinya ada hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan konsep diri siswa kelas X SMA NEGERI 1 TALUN. Saran berdasakan penelitian yang dilakukan yaitu siswa Hendaknya siswa dapat memahami arti konsep diri, agar memahami dan menerima sejumlah fakta yang bermacam-macam tentang dirinya. Dapat membentuk konsep diri yang positif agar mampu menghadapi kehidupan didepannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI