PENGARUH BIMBINGANKELOMPOK TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP MAMBAUL HISAN SANAN GONDANG GANDUSARI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NISFATUL KUSUMANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0532

Abstract

ABSTRAK NISFATUL KUSUMANINGTIAS,Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kompetensi Interpersonal SiswaKelasVII SMP Mamba’ul Hisan Sanan Gondang Gandusari Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok terhadap kompetensi interpersonal kelas VII SMP MAMBA’UL HISAN SANAN GONDANG GANDUSARI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu 40 siswa dari kelas VII SMP MAMBA’UL HISAN SANAN GONDANG GANDUSARI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015.Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk data kompetensi interpersonal. Dalam menganalisis data digunakan metode statistik analisis regresi linier tunggal kemudian ditabulasikan dengan menggunakan uji-t dan uji-f. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompokterhadap kompetensi interpersonal menggunakan uji-f diperoleh (f-hitung = 2,185 > f-tabel(5%) = 1,312) artinya Ho ditolak. Sedangkan ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap kompetensi interpersonal menggunakan uji-t diperoleh (t-hitung = 17,143 > t-tabel(5%) = 2,00) artinya Ho ditolak. Simpulan penelitian yang diperoleh bahwa siswa kelasVII SMP MAMBA’UL HISAN SANAN GONDANG GANDUSARI KABUPATEN BLITAR pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok terhadap kompetensi interpersonal. Terdapat pula peningkatan kompetensi interpersonal siswa kelasVII SMP MAMBA’UL HISAN SANAN GONDANG GANDUSARI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Atas dasar kesimpulan tersebut diuraikan beberapa saran : 1) Sebaik setiap sekolah hendaknya dapat memanfaatkan fungsi bimbingan konseling secara maksimal; 2) Disarankan kepada guru hendaknya mengadakan bimbingan kelompok setiap minggunya guna peningkatan kompetensi interpersonal siswa; 3) Sebaiknya konselor sekolah hendaknya lebih memperhatikan siswa, mendalami masalah siswa secara profesional. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Kompetensi Interperosonal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI