MODEL PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI MELALUI FANPAGE KONSELING SMP NEGERI 1 PONGGOK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DONI FIRNANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0526

Abstract

ABSTRAK DONI FIRNANDA: Model pemberian layanan informasi melalui fanpage Konseling SMP NEGERI 1 PONGGOK, Skripsi, BimbingandanKonseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpeneliti, bahwa saat ini teknologi merupakan media komunikasi yang berkembangsecarapesatsekali yang mudah diakses oleh kalangan remaja. Dengan adanya perkembanganteknologi dalam pendidikan, makapadahalkekatnyapendidikanmerupakansebuah proses transfer informasi. Dimanainformasidapatdiartikanbendaabstrak yang dapatdipergunakanuntukmencapaiitutujuan yang lebih positif dan efisien. Permasalahan penelitian ini adalah, 1) Siswa aktif dalam penggunaan media internet yang disediakan oleh sekolah untuk mengakses fanpage dalam facebook, 2)Siswa kurang mengerti tentang fungsi Bimbingan Konseling di sekolah dan menganggap bahwa BK adalah polisi sekolah, 3)Adanya cara pemberian layanan informasi bimbingan konseling yang kurang efektif. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdengansubyekpenelitiansiswa SMP Negeri 1 Ponggok.Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakaninstrumentberupa angket untuk mengumpulkan data mengenai fanpage dan pemberian layanan konseling. Dan menggunakan teknik korelasi product-moment untuk menganalisa hasil data yang telah diperoleh dari angket. Hasilpenelitianmenunjukkansecaraumum bahwa peran fanpage di kalangan siswa SMP Negeri 1 Ponggok termasukdalamkategori sedang dan keefektifan pemberian layanan informasi dalamkategori sedang pula.Besar hubunganantara fanpage dengan pemberian layanan informasi sebesar 0,604.Jadiberdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwarhitung>rtable (0,604> 0,468) dannilai signifikansi yang kurangdaritarafnyata 5% (0,00< 0,05makahargakorelasitersebutsignifikanartinyaadakontribusi yang signifikandarifanpagedalammemberikan layananinformasibimbingandankonseling di SMP Negeri 1 Ponggok. Saran berdasakanpenelitian yang dilakukanyaitu dengan adanya berkembangan teknologi saat ini kususnya dalam bidang pendidikan tentunya memberikan dampak yang lebih positif dan efisien. Maka hendaknya dalam pemberian layanan informasi bimbingan konseling dilakukan melalui fanpage, agar suatu informasi yang ingin disampaikan lebih efektif mudah diterima oleh siswa. Kata kunci: fanpage, pemberian layanan informasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI