HUBUNGAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
YURIKA PUJI M.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0505
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan pribadi sosial dengan perkembangan konsep diri siswa kelas VIII SMP NEGERI 3 Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015.Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian ini dimulai pada tanggal 6 febuari 2015, pengajuan judul penelitian sampai terselesainya laporan penelitian ini yaitu tanggal 3 juni 2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 pacitan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 147. Kemudian diambil sampel sebanyak 25% dari anggota populasi dengan cara random sampling dan didapat sampel berjumlah 37 siswa. pengumpulan data menggunakan angket langsung. Uji validitas menggunakan rumus product moment dari Pearson, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Untuk analisis data menggunakan rumus product moment dari Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara hubungan bimbingan karier (X) dengan bakat siswa (Y) dengan N= 37 diperoleh hasil perhitungan sebesar 0,617. Bila dikonsultasikan dengan rtabel (N= 37) db= 1 pada taraf signifikan 5% diperoleh angka 0,325 dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel (0,617>0,325) artinya signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya ada hubungan antara layanan bimbingan pribadi sosial dengan pengembangan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 pacitan tahun ajaran 2014/2015
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi Sosial, Pengembangan Konsep Diri Siswa