HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBONAGUNG TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0502

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa tingkat pelanggaran disiplin yang terjadi di SMP Negeri 1 Kebonagung masih tinggi. Kalau kebiasaan ini tidak menemukan pemecahan masalahnya maka tujuan pendidikan akan sulit terwujud. Berdasarkan fenomena tersebut penulis berpendapat bahwa diperlukan penanganan dalam upaya membantu siswa agar dapat meningkatkan disiplin disekolah. Penanganan tersebut antara lain dapat dilakukan dengan menerapkan layanan bimbingan dan konseling dalam bentuk layanan bimbingan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menurut jenisnya termasuk penelitian korelasional, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun ajaran 2014/2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini 211 siswa dan jumlah sampel 42 siswa. Jumlah ini diperoleh dari perhitungan 20% dari jumlah populasi yang ada dengan teknik pengambilan data random sampling. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Analisis data untuk uji korelasi menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil perolehan skor layanan bimbingan sosial berada antara 73 sampai 96 dengan skor total yaitu 3523. (2) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil perolehan skor kedisiplinan siswa berada antara 70 samapi 97 dengan skor total yaitu 3565. (3)Berdasarkan rumus korelasi Product Moment menyatakan bahwa korelasi antara Layanan Bimbingan Sosial (X) dengan Kedisiplinan Siswa(Y) dengan N = 42 diperoleh hasil perhitungan rhitung 0,535. Bila dikonsultasikan dengan rtabel N=42 pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel0,304, dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel (0,535>0,304). Artinyaada hubungan antara Layanan Bimbingan Sosial dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI