PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PACITAN


Author (Penulis)

WIDRA CAHYO Z.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0499

Abstract

PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PACITAN Windra cahyo zuhara Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri ABSTRAK Penelitian didasarkan pada perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pacitan yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pacitan melalui pelatihan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmisdan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan untuk lebih mematangkan perilaku asertif siswa.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pacitan.Jenis tindakan yang dilakukan adalah pelatihan keterampilan social berupa modeling, role playing, umpan balik, transfer pelatihan dan permainan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara.Instrumen penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan social dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas di VIII SMP Negeri 4 Pacitan. Pratindakan yang dilakukan dengan menyebarkan angket diperoleh data, perilaku asertif paras iswa masih rendah dengan skor rata-rata pre test89,05. Pada siklus pertama yang terdiri dari empat tindakan skor rata-rata post test Isiswa meningkat menjadi 105,40 pada kategori sedang. Pada siklus kedua yang terdiri dari tiga tindakan skor rata-rata post test II siswa meningkat menjadi 113,80 dan sudah masuk pada tingkat perilaku asertif yang baik. Hasil tersebut juga diperkuat dengan wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku asertif yang meningkat dari pre test ditunjukkan dengan kemampuan siswa mengungkapkan perasaan secara jujur, mampu meminta pertolongan, menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Kata Kunci: pelatihan keterampilan sosial, perilakua sertif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI