EFEKTIFITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMANTAPAN KARIR SISWA KELAS X TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN SMKN KEBONAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
WAHYU DWI P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0498
Abstract
Abstrak
Wahyu Dwi Paminta: Efektifitas Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Kemampuan Pemantapan Karir Siswa Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri Kebonagung, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: efektifitas, bimbingan kelompok, pemantapan karir.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pemilihan jurusan siswa pada sekolah menengah kejuruan tidak sepenuhnya dari niat individu sendiri dan terkadang tidak sesuai dengan bakat yang dimilikinya.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan pemantapan karir siswa? (2) Apakah pelaksanaan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemantapan karir siswa? (3) Apakah pelaksanaan bimbingan kelompok efektif dalam mengembangkan kemampuan pemantapan karir siswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri Kebonagung. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan kuesioner pemantapan karir.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan bimbingan kelompok ditemukan langkah yang efektif dalam mengembangkan kemampuan pemantapan karir siswa. (2) Melalui siklus tindakan pelaksanaan bimbingan kelompok terbukti dapat meningkatkan pemantapan karir. (3) Melalui tindakan siklus pelaksanaan bimbingan kelompok terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan pemantapan karir siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan bimbingan kelompok adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Maka dari itu guru sebagai pelaksana dan fasilitatot pembelajaran perlu mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok yang efektif. (2) Guru perlu mengadakan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan pemantapan karir siswa sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.