PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2014/2015.


Author (Penulis)

SUSI EKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0496

Abstract

ABSTRAK Layanan konseling kelompok memeberikan kesempatan kelompok untuk berinteraksi antar pribadi yang khas. Interaksi sosial yang intensif dan dinamis selama pelaksanaan layanan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan individu secara mantap. Dalam konseling kelompok anggota kelompok dapat belajar membentuk sikap dan keberanian sosial yang bertenggang rasa dan belajar memahami kebutuhan harga diri anggota. Di dalam kelompok anggota akan saling menolong, menerima dan berempati dengan tulus. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik mengangkat permasalahan yaitu apakah layanan konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2014/2015. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembimbing sebagai bahan informasi dalam melakukan kegiatan layanan konseling kelompok untuk membantu mengurangi perilaku agresif siswa. Bagi siswa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan potensi diri dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam layanan konseling kelompok dan dapat mengambil keputusan untuk kehidupan selanjutnya. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa dan 2 orang guru. Data diambil dengan observasi. Berkaitan dengan hasil penelitian ini penulis dapat mengajuka saran antara lain : 1) Bagi SMK Negeri Kebonagung hendaknya persiapan untuk melakukan layanan konseling kelompok sebagai upaya mengurangi perilaku agresif siswa-siswa yang memiliki tingkat agresifitas tinggi, 2) Bagi para siswa di SMK Negeri Kebonagung hendaknya mengikuti layanan konseling kelompok dengan sungguh-sungguh agar dapat mengembangkan berbagai ketrampilan yang pada intinya meningkatkan kepercayaan diri, cinta diri, pemahaman diri atas segala kekurangan dan kemampuan, ketegasan dalam menerima kritik dan memberi kritik serta dapat mengendalikan perasaan dengan baik sehingga adanya gejolak yang ada dalam dirinya dapat diredap yang pada akhirnya dapat menurunkan perilaku agresifitas.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI