EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN PERTEMANAN SISWA KELAS VIIIC DI SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SULIS SETYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0493
Abstract
ABSTRAK
Hubungan pertemana siswa khususnya kelas VIII C memiliki hubungan pertemanan yang masih sangat kurang. Apakah bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan hubungan pertemanan siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Pacitan tahun 2014/2015?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan hubungan pertemanan siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Pacitan tahun 2014/2015. Sedangkan manfaatnya adalah melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa amasukan guru pembimbing dalam memberikan layanan yang tepat terhadap siswa yang memiliki hubungan pertemanan yang masih rendah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII C di SMP Negeri 4 Pacitan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (RPBK), kuesioner hubungan pertemanan siswa, dan lembar wawancara untuk guru pengajar Bimbingan dan Konseling.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan dapat diketahui bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan hubungan pertemanan siswa. (2) Adanya peningkatan hubungan pertemanan siswa, khususnya kelas VIII C yang ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase ketuntasan dari 64,29% menjadi 82,14%. (3) Melalui siklus tindakan terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik diskusi kelompok lebih menyenangkan sehingga respon siswa menjadi lebih baik. (4) Melalui siklus tindakan dapat diketahui bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan minat siswa terhadap Bimbingan dan Konseling.
Simpulannya adalah layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan hubungan pertemanan siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Paciatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Dapat diberikan saran bahwa guru pembimbing hendaknya dapat lebih kreatif dalam memberikan pelayanan bimbingan kelompok yang efektif dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan hubungan pertemana siswa SMP Negeri 4 Pacitan.
Kata kunci: efektivitas, layanan bimbingan kelompok, hubungan pertemanan siswa, SMP Negeri 4 Pacitan.