EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR UNTUK MENGATASI SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TULAKAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NUR HIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0484

Abstract

Perilaku melanggar disiplin dan tata tertib sekolah dianggap sebagai perilaku menyimpang dan merupakan masalah. Disiplin dan tata tertib sekolah merupakan salah satu upaya untuk membentuk pribadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Guru bersama guru BK selain berkewajiban melakukan pembelajaran terhadap siswa, juga dituntut untuk membantu membimbing siswa yang sering melanggar tata tertib menjadi siswa yang mematuhi tata tertib sekolah. Pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah maka dapat di coba untuk melakukan konseling individu menggunkan teknik konseling Rational Emotif Behavior. Bagaimana Efektifitas teknik konseling Rational Emotif Behavior dalam mengatasi siswa yang melanggar tata tertib sekolah di kelas VIII A SMP Negeri 1 Tulakakn Tahun Pelajaran 2014/2015?. Dari fenomena tersebut penulis tertarik mengadakan penelitian tentang efektivitas konseling individu teknik REB untuk mengatasi siswa yang melanggar tata tertib ekolah kelas VIII A SMP Negeri 1 Tulakan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Single Subjek Desain penelitian ini menggunakan satu subyek yaitu MT siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tulakan. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan tes pertama,3 kali konseling, tes kedua. Teknik Rational Emotif Behavior ini digunakan peneliti untuk membantu siswa yang melanggar tata tertib sekolah di SMP Negeri 1 Tulakan. hasilnya dapat di nyatakan efektif sebab adanya peningkatan antara hasil tes pertama yang dikerjakan klien sebelum diadakan konseling individu yaitu sebesar 50% dan hasil tes kedua setelah diadakan konseling individu sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kearah positif. Meskipun selisih hasil tes pertama dan kedua hanya 34 %. Terdapat keterangan bahwa Semakin tinggi skor yang diperoleh maka, semakin rendah perilaku melanggar tata tertib sekolah yang dilakukan oleh siswa MT.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI