EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 4 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

KUSROJA SUCINING T.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0476

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 4 Pacitan masih dilakukan dengan menggunakan layanan informasi dengan format klasikal sehingga masih didominasi pada peran guru.Akibatnya layanan tersebut dinilai kurang efektif dan mengena bagi siswa yang cenderung pasif di kelas. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing efektif dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas VII B di SMP Negeri 4 Pacitan tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VII B di SMP Negeri 4 Pacitan.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (RPBK), kuesioner konsep diri, dan lembar wawancara untuk guru pengajar Bimbingan dan Konseling. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan dapat diketahui bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing dapat meningkatkan konsep diri siswa. (2) Adanya peningkatan konsep diri siswa, khususnya kelas VII B yang ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase ketuntasan dari 67,74% menjadi 83,87%. (3) Melalui siklus tindakan terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing lebih menyenangkan sehingga respon siswa menjadi lebih baik. (4) Melalui siklus tindakan dapat diketahui bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing dapat meningkatkan aktivitas dan minat siswa terhadap Bimbingan dan Konseling. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing adalah untuk meningkatkan konsep diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok agar lebih efektif dan mengena bagi siswa yang cenderung pasif di kelas. (2) Guru Bimbingan dan Konseling masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata kunci: efektivitas, layanan bimbingan kelompok, teknik role playing, konsep diri, SMP Negeri 4 Pacitan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI