pengaruh ketidakharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK N Kebonagung tahun pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

KHUSNUL MAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0474

Abstract

Hasil penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan dan penelitian, bahwa ketidakharmonisan dalam keluarga itu sangat mempengaruhi proses belajar siswa, sehingga siswa tidak bisa belajar secara maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh ketidakharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa? (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa dari keluarga yang tidak harmonis? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas XI MM-1 SMK N Kebonagung. penelitian ini dilakasanakan dengan 4 tahap berupa, interview, observasi, dokumentasi, dan angket. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui interview dapat menemukan permasalahan belajar siswa yang berkaitan dengan ketidakharmonisan keluarga (2) melalui angket kita bisa tahu sejauh mana ketidakharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa (3) melalui observasi kita bisa tahu pengaruh ketidakharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarakan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan :(1) Tujuan pokok dalam pengaruh ketidakharmonisan keluarga dalam motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu dalam memberikan layanan akan membantu memotivasi belajar siswa dari keluarga yang tidak harmonis. (2) Harus lebih sering mengikuti layanan kelompok maupun individu agar lebih termotivasi beljaranya dan siswa lebih efektif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI