HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU AGRESISISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 PACITAN TAHUN PELAJARAN2014/2015
Author (Penulis)
ISTIQOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0473
Abstract
HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU AGRESISISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 PACITAN TAHUN PELAJARAN2014/2015
Istiqomah
Program Studi Bimbingan Dan Konseling
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan diantaranya mengetahui hubungan antara bimbingan sosial dengan perilakuagresi siswa, Apabila seorang siswa mampu mengontrolperilakuagresi melalui layanan bimbingan sosial, maka siswa tersebut akan mampu berperilakusesuaietikadannorma yang baik secara optimal. Penelitian ini juga bertujuan mengupas secara detail jawaban akan pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan data yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menurut jenisnya termasuk penelitian korelasional yaitu penelitian yang di arahkan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini 242 siswa, dan jumlah sampel 40 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dengan random sampling. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman brown. Analisis data untuk uji korelasi menggunakan rumus Product Moment dari person.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa berdasarkan data didapatkanrhitung= 0,624. Selanjutnyadikonsultasikandenganrtabeldengantarafsignifikan 5% diperolehnilai 0,312. Dengandemikian, makarhitunglebihbesardarirtabel (0,624> 0,312).Dari hasilpenelitianini, menunjukkanadanyaHubungan Antara Bimbingan Sosial Dengan PerilakuAgresi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 PacitanTahunPelajaran 2014/2015.Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini ditarik pendapat bahwa tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan sosial dengan perilakuagresi siswa, agar siswa mampu mengontroldanmengembangkan tingkahlakunyamenjadibaik melalui layanan bimbingan sosial dan dapat berkembang secara optimal
Kata kunci :layanan bimbingan sosial,perilaku agresif