HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI RUMAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEBONAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ELMI NAFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0470

Abstract

ABSTRAK Lingkungan keluarga bisa memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar anak, apabila keadaan keluarga cukup harmonis, kondisi ekonomi berkecukupan. Perhatian dari orang tua juga penting peranannya terhadap pencapaian prestasi belajar anak, misalnya memperhatikan waktu belajarnya atau menanyakan adakah kesulitan yang tidak bisa dipecahkan dan apakah orang tua bisa membantu. Perhatian orang tua merupakan salah satu kunci semangat belajar anak. Dengan demikian orang tua mempunyai tanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan agar anak berdisiplin. Disiplin sangat penting bagi perkembangan anak. Dengan aturan-aturan yang ada, anak akan merasa lebih aman karena mereka tahu dengan pasti perbuatan mana yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa di rumah kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional. Tujuan menggunakan teknik penelitian tersebut adalah peneliti ingin meneliti adakah hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun ajaran 2014/2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini 166 siswa dan jumlah sampel 50 siswa. Jumlah ini diperoleh dari perhitungan 30% dari jumlah populasi yang ada dengan teknik pengambilan data random sampling. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Analisis data untuk uji korelasi menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan excel 2007 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil perolehan skor perhatian orang tua berada antara 74 sampai dengan 140 dengan skor total yaitu 5939. (2) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil perolehan skor kedisiplinan belajar siswa di rumah berada antara 79 sampai dengan 148 dengan skor total perhatian orang tua yaitu 6011. (3) Berdasarkan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh nilai rhitung 0,793 dengan tingkat keeratan hubungan kuat, karena terletak antara nilai 0,60 – 0,799. Bila dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai rtabel 0,279. Dengan demikian, maka rhitung lebih besar dari rtabel (0,793 > 0,279), maka dapat ditarik simpulan bahwa “Ada hubungan antara perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa di rumah kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun ajaran 2014/2015”. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Di Rumah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI