HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS SEKOLAH DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
ATIK NURUL H.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0465
Abstract
Abstrak : Fasilitas yang menunjang keberhasilan pendidikan dalam proses belajar mengajar
berarti menyangkut sarana dan prasarana pendidikan yang dapat di manfaatkan oleh siswa
dan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dari konsep
diatas jelas dapat disebutkan bahwa ternyata sarana dan prasarana syarat mutlak yang harus
ada baik sebagai kelengkapan pendidikan formal maupun nonformal yang sangat dibutuhkan
bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.
Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah
dengan Aktivitas Belajar Siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran
2014/2015 Kabupaten Pacitan. Adapun hipotesis yang telah dilakukan yaitu adakah
hubungan kelengkapan fasilitas sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Negeri
Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini objeknya yaitu siswa-siswi
kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 209
dari berbagai program jurusan dan yang digunakan untuk sampel 53 siswa diambil secara
acak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menurut jenisnya termasuk penelitian
korelasional, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel
atau lebih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian diketahui bahwa skor fasilitas sekolah
siswa berada antara rentang 40 sampai 94 dengan skor total fasilitas sekolah adalah 4194,
sedangkan skor aktivitas belajar siswa berada antara rentang 52 sampai 99 dengan skor total
aktivitas belajar siswa adalah 4235. Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan
metode Analisis Korelasi Product Moment maka dengan N=53 sebesar 0,302 dengan
dikonsultasikan dengan dengan taraf signifikan 5% diperoleh angka 0,279. Maka
lebih besar dari pada (0,302>0,279). Hasil analisis data menunjukkan nilai r
adalah 0,302, maka berarti pada antara 0,200 sampai dengan 0,400. Sehingga interpertasi nilai
r adalah rendah. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Hubungan Kelengkapan Fasilitas
Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran
2014/2015.