HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS SEKOLAH DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

ATIK NURUL H.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0465

Abstract

Abstrak : Fasilitas yang menunjang keberhasilan pendidikan dalam proses belajar mengajar berarti menyangkut sarana dan prasarana pendidikan yang dapat di manfaatkan oleh siswa dan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dari konsep diatas jelas dapat disebutkan bahwa ternyata sarana dan prasarana syarat mutlak yang harus ada baik sebagai kelengkapan pendidikan formal maupun nonformal yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah dengan Aktivitas Belajar Siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Pacitan. Adapun hipotesis yang telah dilakukan yaitu adakah hubungan kelengkapan fasilitas sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini objeknya yaitu siswa-siswi kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 209 dari berbagai program jurusan dan yang digunakan untuk sampel 53 siswa diambil secara acak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menurut jenisnya termasuk penelitian korelasional, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian diketahui bahwa skor fasilitas sekolah siswa berada antara rentang 40 sampai 94 dengan skor total fasilitas sekolah adalah 4194, sedangkan skor aktivitas belajar siswa berada antara rentang 52 sampai 99 dengan skor total aktivitas belajar siswa adalah 4235. Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan metode Analisis Korelasi Product Moment maka dengan N=53 sebesar 0,302 dengan dikonsultasikan dengan dengan taraf signifikan 5% diperoleh angka 0,279. Maka lebih besar dari pada (0,302>0,279). Hasil analisis data menunjukkan nilai r adalah 0,302, maka berarti pada antara 0,200 sampai dengan 0,400. Sehingga interpertasi nilai r adalah rendah. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI