HUBUNGAN MOTIVASI DIRI TERHADAP KELANJUTAN PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AIDILLA FITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0459

Abstract

ABSTRAK Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Dorongan ini pada diri seseorang yang menggerakkan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan dalam dirinya, oleh karena itu, perbuatan seseorang yang didasarkan atas motivasi tertentu mengandung tema sesuai dengan motivasi yang mendasarinya. Pendidikan yaitu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak – anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak – anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya. Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti bahwa masih banyak anak – anak yang tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena berbagai faktor, terutama lemahnya motivasi diri yang ada pada diri individu yang tidak dapat mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi diri terhadap kelanjutan pendidikan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini 192 siswa, dan jumlah sample 36 siswa. Jumlah ini diperoleh dari perhitunan yang dikemukakan oleh Bungin denan rumus Taro Yamane karena jumlah populasinya kurang dari 100. Penggunaan data mengunakan instrumen angket dengan random sampling. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Analisis data untuk uji korelasi mengunakan rumus Product Moment dari Person. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan metode analisis korelasi product moment, didapatkan nilai rhitung= 0,751. Selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,329. Dengan demikian, maka rhitung lebih besar dari rtabel (0,751> 0,329). Dari hasil penelitian ini, menunjukkan adanya hubungan motivasi diri terhadap kelanjutan pendidikan siswa. Hal ini dapat disebabkan adanya motivasi diri siswa yang timbul karena ada beberapa faktor – faktor dari dalam diri siwa maupun dari luar sehingga dapat mempengaruhi kelanjutan pendidikan siswa. Kata Kunci: Motivasi Diri, Kelanjutan Pendidikan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI