HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WIWIK TRI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0455

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 WIWIK TRI HANDAYANI NPM : 11.1.01.01.0455 FKIP – Bimbingan dan Konseling Email : handayani.wie2@gmail.com Mega Isvandiana, M.Si dan Dr. Atrup, M.Pd.,M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perolehan skor konsep diri yang dimiliki oleh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pacitan; (2) mengetahui perolehan skor perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pacitan; dan (3) mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menurut jenisnya termasuk penelitian korelasional, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Peneliti menggunakan proporsional random sampling untuk mengambil kembali sampel pada masing-masing kelas yang digunakan dalam penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian yaitu menguji hipotesis adanya hubungan antara konsep diri terhadap perencanaan karier maka digunakan rumus product moment Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor konsep diri siswa berada antara rentang 156 sampai dengan 218 dengan skor total 14497. Diketahui bahwa skor konsep diri siswa termasuk dalam kategori tinggi; (2) Skor angket perencanaan karir siswa dalam belajar berada antara rentang 105 sampai dengan 168 dengan skor total adalah 10665. Diketahui bahwa skor angket perencanaan karir siswa termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) Diketahui bahwa koefisien hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pacitan didapatkan nilai rxy = 0,836. Untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kedua variabel tersebut maka di konsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r. Nilai rxy adalah 0,836, maka berarti berada antara 0,800 sampai dengan 1,00 sehingga interpretasi nilai r adalah tinggi. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pacitan diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi konselor, hendaknya dalam memberikan layanan informasi karier lebih bervariatif dan meningkatkan frekuensi pemberian layanan informasi karier untuk membantu siswa dalam membuat perencanaan kariernya dengan membimbing dan memberikan informasi-informasi yang relevan melalui layanan informasi karier; (2) Bagi sekolah, hendaknya memfasilitasi konselor yang bertugas agar memperdalam dan mengembangkan layanan Bimbingan Konseling khususnya layanan informasi karier; (3) Bagi peneliti selanjutnya, sebagai bahan pustaka untuk mengadakan pengembangan keilmuan dan penelitian lebih lanjut. Kata Kunci: Konsep Diri, Perencanaan Karier

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI