Hubungan Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X AK SMK PGRI Ngadirojo Tahun Pelajaran 2014/2015
Author (Penulis)
VEYRA YENTI SURYALANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0453
Abstract
VEYRA YENTI SURYALANA: Hubungan Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X AK SMK PGRI Ngadirojo Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling FKIP UNP Kediri 2015
Kata Kunci: Keharmonisan, Motivasi, Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa keharmonisan dalam keluarga merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan motivasi belajar anak. Dengan keadaan keluarga harmonis komunikasi yang baik dapat terjalin antar anggota keluarga. Sehingga pemberian motivasi dapat berlangsung dengan baik dan menjadi suatu korelasi positif untuk prestasi anak.
Sesuai dengan latar belakang, identifikasi masalah dan pembatasan masalah maka rumusan masalahnya adalah apakah ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas X AK SMK PGRI Ngadirojo ?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dibantu oleh SPSS versi 16.00 dengan jumlah penelitian 35 siwa yang dilakukan di SMK PGRI Ngadirojo tahun pelajaran 2014/2015 dengan waktu kurang lebih 2 bulan
Kesimpulan dari penelitian ini di peroleh hasil persentase sangat tinggi dengan nilai 18,18 % dengan jumlah siswa 10, dikategorikan tinggi dengan nilai 16,36% dengan siswa 5, sedang 56,36% dengan 17 siswa dan sedangkan rendah 7,27% dengan jumlah siswa 2 anak begitu juga dengan variabel Motivasi Keluarga memperoleh persentase hasil 10 siswa dengan porsentase 18,18% dikategorikan sangan tinggi, tinggi dengan jumlah siswa 6 dengan porsentase 14,54% sedang dengan jumlah siswa 15 dengan porsentase 54,5% dan yang rendah 3 anak dengan porsentase 7,27%.