PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ARJOSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TRI NOR FITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0452

Abstract

ABSTRAK Tri Nor Fita. Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Roleplaying Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Arjosari Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Minat Belajar SMP. Minat belajar di SMP Negeri 1 Arjosari kurang seperti: kegaduhan di kelas, merokok, saat pelajaran hanya bermain HP, banyak mengobrol dengan teman sebangku saat pelajaran berlangsung, serta siswa tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumah setiap ada tugas. Bimbingan kelompok role playing merupakan alternative untuk meningkatkan minat belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bimbingan kelompok siswa SMP Negeri 1 Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015? (2) minat belajar siswa SMP Negeri 1 Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada pengaruh antara bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 1 Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Arjosari. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui bimbingan kelompok siswa SMP Negeri 1 Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015. (2) Mengetahui minat belajar siswa SMP Negeri 1 Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015 dan (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 1 Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2014/2105. Desain penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Arjosari yang berjumlah 252 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random atau acak, di mana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala minat belajar dengan jumlah 40 butir soal dan 36 butir dinyatakan valid dan reliabel. Analisis validitas, reliabilitas dan Uji-T menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing skor pre-test persentase tinggi adalah 52,9% (37 siswa) dan sedang 47,1% (33 siswa). Setelah layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing skor post test persentase skor rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 96,8 % (69 siswa), dan sedang 3,2 % (1 siswa). Peningkatan tersebut sebesar 43,9%. Dari Uji-T diperoleh Zhitung sebesar 11,833 dan Ztabel taraf signifikan 5% (N= 70) sebesar 1,667. Tingkat minat belajar siswa sebelum dan setelah layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI