HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI SOVIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0450

Abstract

HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 SITI SOVIANI NPM : 11.1.01.01.0450 FKIP – Bimbingan dan Konseling Email : soviani1984@gmail.com Mega Isvandiana, M.Si dan Dr. Atrup, M.Pd.,M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Masa remaja kebutuhan akan pergaulan teman sebaya mengalami peningkatan. Remaja yang memiliki interaksi sosial yang baik mampu menyesuaikan antara tuntutan diri sendiri dengan tuntutan lingkungan. Tuntutan di lingkungan teman sebaya berupa persaingan life style, status sosial, kepemilikan lawan jenis, tingkat intelektualitas, perbedaan kepribadian (ekstrovert dan introvert). Penerimaan dan penolakan dari teman sebaya sangat mempengaruhi sikap dan tingkah laku remaja. Kedisiplinan dalam belajar antar teman sebaya yang baik sangat diperlukan agar remaja dapat diterima oleh teman sebaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pergaulan teman sebaya siswa di kelas VIII MTs Negeri Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah kedisiplinan belajar siswa di kelas VIII MTs Negeri Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada hubungan pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa di kelas VIII MTs Negeri Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Pacitan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui sejauh mana pergaulan teman sebaya siswa kelas VIII MTs Negeri Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Mengetahui sejauh mana kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015 dan (3) Mengetahui adanya hubungan antara pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa VIII MTs Negeri Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode menggunakan kuantitatif. Variabel bebas yaitu pergaulan teman sebaya dan terikat yaitu kedisiplinan belajar. Subjek uji coba berjumlah 31 responden dipilih menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala likert. Analisa data menggunakan teknik korelasi Product Moment dan Cronbach Alpha, dengan bantuan SPSS versi 17.0 for Windows. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil analisa pergaulan teman sebaya kategori tinggi dengan jumlah prosentase 25 siswa (80,7%), sedang 6 siswa (19,3%), dan rendah (0,0%). (2) Hasil analisa Kedisiplinan Belajar berada dalam kategori tinggi dengan jumlah prosentase 23 siswa (74,2%), sedang 8 siswa (25,8%), dan rendah (0,0%). (3) Hasil korelasi menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan kedisiplinan belajar dengan nilai koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,997 > 0,235) dan (p= 0,000 < 0,01) pada N = 70, di mana semakin tinggi pergaulan teman sebaya maka semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan belajar. Kata kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Kedisiplinan Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI