HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN BERGAUL PADA SISWA SMK PGRI NGADIROJO KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0449

Abstract

ABSTRAK Setiawan: Hubungan PolaAsuh Orang Tua Dengan Kemampuan Bergaul Pada Siswa SMK PGRI Ngadirojo Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi di sekolah.Pengaruh teknologi dan pergaulan yang semakin bebas, sehingga siswa membutuhkan suatu kemampuan bergaul yang baik dalam berteman. Untuk itu ditentukan faktor yang di duga berkaitan dengan kemampuan bergaul, factor tersebut yaitu pola asuh orang tua siswa. Permasalahan penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pola asuh orang tua siswa kelasX di SMK PGRI Ngadirojo? (2) Bagaimana kemampuan bergaul siswa kelas X di SMK PGRI Ngadirojo? dan (3) Bagaimana hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan bergaul siswa kelas X di SMK PGRI Ngadirojo?. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang menggunakan 40 responden dari kelas X SMK PGRI Ngadirojo Pacitan. Data diperoleh dengan menyebar angket pola asuh orang tua dan kemampuan bergaul siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi sederhana yang perhitungannya dilakukan menggunakan program SPSS 16. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada table Coefficientsa menunjukkan bahwa nilai signifikansi konstanta dan kemampuan bergaul berturut-turut yaitu sig. p = 0,000< 0,05dan sig. = 0,013p<0,05. Yang berarti konstanta dan koefisien dari Y=55,162 + 0,582 X signifikan, ataudapatdigunakanuntukmenggambarkanhubunganantarapolaasuh orang tuadengankemampuanbergaulsiswa. Kesimpulanhasilpenelitianiniadalah (1) dominasitipepolaasuh orang tuasiswamenunjukkanbahwa 25 orang tuadominanbertipepermisif, 7 orang tuadominanBertipeOtoriter, dan 8 orang tuadominanbertipeDemokratis. (2) Kemampuanbergaulsiswapadapenelitianinimenunjukkanbahwa 7 anakmemilikikemampuanbergaul yang tinggi, 26 anakmemilikikemampuanbergaul yang sedang, dansisanyarendah. (3) Polaasuh orang tuamemilikihubungan yang signifikandengankemampuanbergaulanak. Hal ini diduga karena sebagian pola asuh orang tua siswa SMK PGRI Ngadirojo Pacitan dominan bertipe permisif. Selain itu sumbangan efektif pola asuh orang tua terhadap kemampuan bergaul anaknya sekitar 15,1%. Kata kunci :PolaAsuh Orang Tua dan Kemampuan Bergaul Siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI