EFEKTIVITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS X SMK NEGERI KEBONAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RUSIKA SUBANGUN PRIMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0446

Abstract

ABSTRAK Rusika Subangun Prima. Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Permainan Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif Siswa Kelas X SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Konsep diri kelas X SMK Negeri 1 Kebonagung hampir 30% siswa kelas X mempunyai konsep diri yang belum positif, gejala yang nampak yaitu membolos, hasil prestasi belajar yang rendah, menyontek, membuat gaduh saat pelajaran, adanya siswa yang melanggar tata tertib sekolah, adanya siswa yang memiliki perasaan rendah diri, dan adanya siswa yang mempunyai perasaan tidak mampu melaksanakan tugas. Bimbingan kelompok menggunakan permainan merupakan cara untuk meningkatkan konsep diri positif siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan dalam mengembangkan konsep diri positif pada siswa kelas X SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan dalam mengembangkan konsep diri positif pada siswa kelas X SMK Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri Kebonagung yang berjumlah 211 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random atau acak, di mana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri positif dengan jumlah 40 butir soal dan 36 butir dinyatakan valid dan reliabel. Analisis validitas, reliabilitas dan Uji-T menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan skor pre-test persentase tinggi adalah 70% (49 siswa) dan sedang 30% (21 siswa). Setelah layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan skor post test persentase rata-rata konsep diri positif siswa meningkat menjadi 96,8 % (69 siswa), dan sedang 3,2 % (1 siswa). Peningkatan tersebut sebesar 26,8%. Dari Uji-T diperoleh Zhitung sebesar 6,123 dan Ztabel taraf signifikan 5% (N= 70) sebesar 1,667. Tingkat konsep diri positif siswa sebelum dan setelah layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Permainan, Konsep Diri Positif SMK

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI