HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HERAWATI WAHYU ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0434

Abstract

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Herawati Wahyu Anggraini 11.1.01.01.0434 FKIP – Bimbingan dan Konseling Mega Isvandian Purnamasari, M.Si dan Dr. Atrup, M.Pd, M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi siswa di SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII mengalami kegagalan dalam belajar bukan dikarenakan rendahnya tingkat inteligensi atau kondisi fisik lemah, karena kurangnya motivasi dan kesulitan siswa dalam mengatur belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah efikasi diri pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada hubungan antara efikasi diri dengan aktivitas belajar pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui sejauh mana efikasi diri pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015, (2) Mengetahui sejauh mana aktivitas belajar pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015 dan (3) Mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan aktivitas belajar pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015. Metode Penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dan dokumentasi. Teknik uji instrumen dilakukan kepada 31 responden dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengujian valididtas item pada skala efikasi diri serta aktivitas belajar digunakan korelasi skor item dan skor total. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment sedangkan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi ditentukan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 31 subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo terdapat 23 siswa (74,2 %) memiliki tingkat efikasi diri tinggi, sedang 5 siswa (16,1 %), dan rendah 9,7 % (3 siswa) Sedangkan tingkat aktivitas belajar pada penelitian ini menunjukkan bahwa 31 orang (58,1%) memiliki tingkat aktivitas belajar tinggi, sedang 9 siswa (29,0%), dan rendah 4 siswa (12,9%). Berdasarkan uji korelasi didapatkan bahwa ada hubungan antara efikasi diri dengan aktivitas belajar. Hasil korelasi diperoleh rhitung sebesar (0,982 > 0,235) pada N = 70 dengan nilai probabilitas 0,00 (0,000 < 0,01). Hal itu membuktikan adanya hubungan signifikan/positif antara efikasi diri dengan aktivitas belajar siswa dan sangat kuat, sehingga dapat dikatakan mendukung fakta yang tampak dari lokasi penelitian yang berbalik arah dengan hasil analisis data. Kata kunci: efikasi diri, aktivitas belajar siswa SMP.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI