PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

FITRI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0430

Abstract

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Fitri Handayani 11.1.01.01.0430 FKIP - Bimbingan dan Konseling Handayanif913@gmail.com Mega Isvandiana Purnamasari, M.Si dan Dr. Atrup, M.Pd, M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Belajar merupakan kegiatan sehari-hari bagi siswa sekolah. Kegiatan belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti museum, perpustakaan, kebun binatang, sawah, sungai atau hutan. Ditinjau daru segi guru, kegiatan siswa tersebut ada yang tergolong dirancang dalam desain instruksional. Kegiatan belajar yang termasuk rancangan guru, bila siswa belajar di tempat-tempat tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas belajar sekolah. Di samping itu ada juga kegiatan belajar yang tidak termasuk rancangan guru. Artinya, siswa belajar karena keinginan sendiri. Dari hal tersebut dapat dilihat bagaimana pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif, waktu penelitian dimulai pada tanggal Desembar 2014, pengajuan judul penelitian sampai terselesainya laporan penelitian pad bulan April 2105. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah populasi berjumlah 140 siswa, dan jumlah sampel diambil satu kelas berdasarkan pertimbangan peneliti memilih kelas VIII E berjumlah 30 siswa. Desain eksperimen yang digunakan One-Group Pretest-Pasttest Design (Satu Kelompok Prates-Posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: sebelum mendapatkan pemberian bimbingan belajar siswa yang belum termotivasi yaitu sebesar 80% dari keseluruhan siswa dalam satu kelas. Setelah siswa mendapatkan bimbingan belajar siswa yang sudah termotivasi sebanyak 53,3% dari hasil nilai angket yang diperoleh. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini Sebelum mendapatkan pemberian bimbingan belajar masih banyak siswa yang belum termotivasi yaitu sebesar 80% dari keseluruhan siswa dalam satu kelas. Setelah dianggap cukup peneliti memberikan angket ke-2 dari hail seluruh siswa yang didalam kelas siswa yang sudah termotivasi sebanyak 53,3% hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan siswa yang termotivasi. Sesuai dengan judul “pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pacitan tahun ajaran 2014/2015” maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Peningkatan , Motivasi Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI