EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X SMK BINA KARYA PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ELYS SETYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0427

Abstract

Elys Setyawati: Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas X Smk Bina Karya Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Efektivitas,Konseling Kelompok, Perilaku Membolos Siswa Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan informasi yang diperoleh peneliti dari pihak-pihak yang dapat dipercaya sebagai sumber informasi bahwa permasalahan membolos kerap sekali terjadi di SMK Bina Karya Pacitan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor apa saja yang mendorong perilaku membolos siswa? (2) Bagaimana kegiatan layanan konseling kelompok yang telah dilaksanakan? (3) Sejauhmana efektivitas layanan konseling kelompok terhadap perilaku membolos siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan disain single subjeck design dimana yang menjadi subyek penelitian adalah tiga siswa yang melakukan perilaku membolos. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu yang pertama tahap baseline satu dimana siswa belum diberikan layanan konseling kelompok, yang kedua tahap pemberian intervensi, yaitu tahap dimana konseli diberi layanan konseling kelompok dan yang ketiga adalah tahap baseline dua yaitu tahap untuk mengukur perubahan sikap siswa setelah diberikan intervensi . Kesimpulanhasilpenelitianiniadalah(1). Bahwa hasil dari tahap baseline dua setelah ketiga konseli diberi intervensi layanan konseling kelompok menunjukan hasil penurunan perilaku membolos dari ketiga konseli tersebut.(2). Berdasarkan dari wawancara konseling kelompok diperoleh keterangan bahwa ketiga klien tersebut melakukan tidakan membolos sebagian besar didorong oleh faktor pribadi dan faktor sekolah.(3). Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak-pihak yang terkait menyatakan bahwa ketiga klien yang menjadi obyek sasaran mengalami perubahan sikap.(4). Berdasarkan pada hasil penelitian yang mengarah pada rumusan masalah dan tujuan penelitian, maka dapat ditarik simpulan bahwa pemberian layanan konseling kelompok efektif terhadap perilaku membolos siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1). guru pembimbing diharapkan untuk dapat meningkatkan layanan-layanan konseling khususnya layanan konseling kelompok. (2). guru mata pelajaran diharapkan meningkatkan metode pembelajaran yang sesuai dan dapat diterima oleh siswa sehingga siswa tidak merasa benci atau jenuh dengan mata pelajaran tertentu sehingga lebih memilih memutuskan untuk membolos.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI