HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DEDY EKO PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0418

Abstract

ABSTRAK Dedy Eko Prasetyo. Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: kondisi lingkungan sekolah, aktivitas belajar siswa SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII aktivitas belajar siswa yang rendah biasanya duduk dibangku belakang karena di bawah meja banyak berserakan bungkus makanan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015, (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015 dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo tahun pembelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dan dokumentasi. Teknik uji instrumen dilakukan kepada 31 responden dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengujian valididtas item pada skala kondisi lingkungan sekolah serta aktivitas belajar digunakan korelasi skor item dan skor total. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment sedangkan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi ditentukan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo terdapat 27 siswa (87,1 %) kategori tinggi dalam kondisi lingkungan sekolah, sedang 4 siswa (12,9 %), dan rendah adalah 0.0 % (0 siswa). Sedangkan aktivitas belajar menunjukkan bahwa 27 siswa (87,1 %), sedang 3 siswa (9,7 %), dan rendah 1 siswa (3,2 %). Berdasarkan uji korelasi didapatkan bahwa ada hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar. Hasil korelasi diperoleh rhitung sebesar (0,984 > 0,235) pada N = 70 dengan nilai probabilitas 0,00 (0,000 < 0,01). Hal itu membuktikan adanya hubungan signifikan/positif antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa dan sangat kuat, sehingga dapat dikatakan mendukung fakta yang tampak dari lokasi penelitian yang berbalik arah dengan hasil analisis data.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI