HUBUNGAN PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DANANG PRIHANDOKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0416

Abstract

ABSTRAK Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan bersama yang dilakukan di sekolah, namun sebagai kegiatan tambahan dan bukan merupakan kegiatan utama di sekolah, tetapi memiliki tujuan jelas yang berguna pada pengembangan anak. Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi individu. Seseorang dalam menjalani kehidupan ini tidak pernah lepas dari cobaan dan tantangan. Individu yang memiliki kemandirian tinggi relatif mampu menghadapi segala permasalahan karena individu yang mandiri tidak tergantung pada orang lain, selalu berusaha menghadapi dan memecahkan masalah yang ada. Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti bahwa Kegiatan ekstrakurikuler bagi kalangan siswa merupakan kegiatan penunjang kegiatan intrakurikuler yang mempengaruhi perkembangan siswa salah satunya pada kemandirian siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Pacitan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Pacitan yang terdiri dari beberapa kelas yang keseluruhannya berjumlah 218 siswa, sedangkan Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak (random sampling) dan peniliti mengambil sampel sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dari angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan metode analisis korelasi product moment, didapatkan nilai rhitung= 0,772. Selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,320. Dengan demikian, maka rhitung lebih besar dari rtabel (0,772> 0,320). Dari hasil penelitian ini, menunjukkan adanya hubungan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan kemandirian belajar siswa. Hal ini disebabkan adanya motivasi diri siswa yang timbul karena kegiatan ekstra kurikuler sehingga dapat mempengaruhi kemandirian siswa Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kemandirian Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI