HUBUNGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA REMAJA DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ARFI TYAS WIDIATMOKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0415
Abstract
HUBUNGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA REMAJA DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
ARFI TYAS WIDIATMOKO
NPM : 11.1.01.01.0415
FKIP – Bimbingan dan Konseling
Email : arfityas14@gmail.com
Dra. Eko Warsi Trikorani R , M.Pd dan Dr. Endang Ragil WP , M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII kurang matang dan tidak bisa menyesuaikan sosial, baik di lingkungan masyarakat, sekolah maupun keluarga. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah perkembangan emosi anak usia remaja SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah kecerdasan emosi pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada hubungan perkembangan emosi anak usia remaja dengan kecerdasan emosi siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui sejauh mana perkembangan emosi anak usia remaja SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015, (2) Mengetahui sejauh mana kecerdasan emosi pada siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015dan (3) Mengetahui hubungan perkembangan emosi anak usia remaja dengan kecerdasan emosi siswa SMP Negeri 1 Donorojo kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015.
Metode penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dan dokumentasi. Teknik uji instrumen dilakukan kepada 31 responden dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengujian valididtas item pada skala perkembangan emosi serta kecerdasan emosi digunakan korelasi skor item dan skor total. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment sedangkan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi ditentukan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo terdapat 25 siswa (80,7%) memiliki perkembangan emosi tinggi, 4 siswa (12,9%) sedang, 2 siswa (6,5%) rendah. Sedangkan kecerdasan emosi menunjukkan bahwa 27 siswa (87,1%) memiliki tingkat kecerdasan emosi tinggi, 3 siswa (9,7%) tergolong kategori sedang, dan 1 siswa (3,2%) termasuk kategori rendah. Berdasarkan uji korelasi didapatkan bahwa ada hubungan antara perkembangan emosi dengan kecerdasan emosi. Hasil korelasi diperoleh rhitung sebesar (0,991 > 0,235) pada N = 70 dengan nilai probabilitas 0,00 (0,000 < 0,01). Hal itu membuktikan adanya hubungan signifikan/positif antara perkembangan emosi dengan kecerdasan emosi.
Kata kunci: perkembangan emosi, kecerdasan emosi siswa SMP.