HUBUNGAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PACITAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

APRILIA DINI SETYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0414

Abstract

ABSTRAK Aprilian Dini Setiyadi. Hubungan Bimbingan Pribadi Sosial Dengan Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: bimbingan pribadi sosial, interaksi social dengan teman sebaya. Penelitian ini dilatar belakangi siswa SMP Negeri 2 Pacitan kelas VIII kemampuan interaksi social dengan teman sebaya yang kurang. Kenyataan di lapangan bahwa tingkat interaksi sosial dengan teman sebaya tidak terjalin. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana bimbingan pribadi social siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana interaksi sosial dengan teman sebaya siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada hubungan bimbingan pribadi social dengan interaksi sosial dengan teman sebaya siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui sejauh mana bimbingan pribadi social siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015, (2) Mengetahui sejauh mana interaksi sosial dengan teman sebaya siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015 dan (3) Mengetahui hubungan bimbingan pribadi social dengan interaksi sosial dengan teman sebaya siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan korelasi dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan skala likert dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan kepada 31 responden dengan random sampling. Pengujian valididtas item pada skala bimbingan pribadi sosial serta interaksi social dengan teman sebaya digunakan korelasi skor item dan skor total. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment sedangkan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi ditentukan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan terdapat 27 siswa (87,1%) memiliki pribadi sosial tinggi, 3 siswa (9,7%) sedang 1 siswa (3,2%) rendah. Sedangkan interaksi sosial menunjukkan bahwa 30 siswa (96,8%) memiliki tingkat kemampuan berinteraksi sosial tinggi, 1 siswa (3,2%) tergolong kategori sedang, dan 0 siswa (0,0%) termasuk kategori rendah. Berdasarkan uji korelasi didapatkan bahwa ada hubungan antara bimbingan pribadi sosial dengan interaksi social. Hasil korelasi diperoleh rhitung sebesar (0,958 > 0,244) pada N = 65 dengan nilai probabilitas 0,00 (0,000 < 0,01). Hal itu membuktikan adanya hubungan signifikan/positif antara bimbingan pribadi sosial dengan interaksi social siswa sangat kuat, sehingga dapat dikatakan mendukung fakta yang tampak dari lokasi penelitian yang berbalik arah dengan hasil analisis data.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI