HUBUNGAN BELAJAR KELOMPOK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N I PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ADIN RISKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0410

Abstract

ABSTRAK Adin Riski: Hubungan Belajar kelompok dengan Kemandirian belajar pada Siswa Kelas VIII SMP N I Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa belajar kelompok adalah suatu proses transfer ilmu yang melibatkan lebih dari satu orang, dimana antara orang yang satu dengan yang lain saling melengkapi. Kemandirian dalam belajar adalah keadaan dimana siswa mesti berani mengambil keputusan dalam belajar, mengarahkan dirinya sesuai denga tujuan yang telah ditetapkan serta mewujudkan diri sendiri untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkannya. Tentunya terdapat perbedaan antara siswa yang belajar secara individu dengan siswa yang belajar secara berkelompok. Hal itu disebabkan siswa yang belajar berkelompok memiliki suasana belajar yang berbeda sehingga termotivasiuntuk selalu bisa dan mandiri. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan belajar kelompok dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP N I Pacitan tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional. Tujuan menggunakan teknik penelitian tersebut adalah peneliti ingin meneliti adakah hubungan antara kedua variabel tersebut. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N I Pacitan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak atau random sampling.. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan angket belajar kelompok dan angket penyesuaian diri di sekolah. Dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan statistik dengan rumus product moment dari Pearson. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara belajar kelompok dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP N I Pacitan tahun pelajaran 2014/2015, karena r tabel (5%=0,279) <= (r hitung 0,546). Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian tersebut dapat diuraikan beberapa saran yaitu diharapkan Kepala Sekolah hendaknya memberikan arahan kepada guru tentang pengadaan jam tambahan belajar kelompok disekolah sehingga siswa dapat berinteraksi secara maksimal serta mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam proses belajar kelompok sehingga siswa dapat mencapai keberhasilan secara maksimal. Kata Kunci: Belajar kelompok, Kemandirian belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI