PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG PERATURAN NILAI ANGKA KREDIT POIN PELANGGARAN TERHADAP KEPATUHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ENDANG RETNONINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0403

Abstract

penyebab terbentuknya sikap dan perilakunya, baik itu dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar seperti keluarga, sekolah dan masyarakat faktor-faktor ini ikut menentukan sikap dan perilaku siswa, baik perilaku positif yaitu perilaku yang sesuai dengan norma peraturan dalam hal ini peraturan di lingkungan sekolah, maupun perilaku negatif yaitu perilaku yang melanggar norma peraturan yang berlau di sekolah. Untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan siswa tentang peraturan nilai angka kredit poin pelanggaran terhadap kepatuhan siswa, dalam penelitian ini akan dibuat seperangkat instrument yang memadai. Adapun instrument yang dibuat ada dua, yaitu angket yangberupa kuesioner untuk mengungkap tentang tingkat pengetahuan siswa yang meliputi, pengertian, tujuan dan manfaat peraturan nilai angka kredit poin pelanggaran dan kuesioner yang mengungkapkan kepatuhan siswa dengan mengembangkan komponen-kompnen yang ada di dalam sikap terdiri dari komponen kognisi, dan konasi dengan menggunakan pengukuran skala sikap dari likert sebagai dasar pengembangan instrument dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji validitas angket Pengetahuan Siswa Tentang Peraturan Nilai Angka Kredit Poin dengan memakai rumus korelasi product momen pada tiap item diketahui bahwa siswa sebanyak 50 pertanyaan setelah melalui uji coba ternyata diketahui sebanyak 5 pertanyaan yang tidak valid yaitu pada angket nomor 40, 41, 43, 47, dan 48 item dan tinggal 20 item dinyatakan valid karena rhitung > rtabel dengan rtabel= 0,220. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada rumus dan hasil yang terlampir. Dari perhitungan dapat diketahui bahwa nilai rhitung 0,437, selanjutnya dikonsultasikan dengan dengan tabel signifikansi product moment taraf signifikan 5%, yaitu 0,437. Kerena rhitung lebih besar dari rtabel (0,437>0,220). Berdasarkan hasil penghitungan telah diperoleh bahwa rhitung = 0,437 lebih besar dari rtabel = 0,220 (rhitung > rtabel) sehingga rumusan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hasil pengujian dapat ditafsirkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara tingkat pengetahuan siswa tentang peraturan niai angka kredit poin pelanggaran dengan kepatuhan siswa SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI