KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP PERENCANAAN PEMILIHAN JURUSAN SISWA KELAS X A TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DESI TRIMULYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0378

Abstract

ABSTRAK Desi Trimulyanan, ”Keefektifan Layanan Bimbingan Penempatan dan Penyaluran Terhadap Perencanaan Pemilihan Jurusan Siswa Kelas X A Tahun Ajaran 2014/2015”. Kata Kunci : Keefektifan Layanan Penempatan, Penyaluran untuk Meningkatkan Kemampuan, Merencanakan Pemilihan Jurusan Kelas Latar belakang dalam penelitian ini adalah materi penjurusan kelas diberikan kepada siswa melalui layanan penempatan dan penyaluran, informasi yang diberikan kepada siswa mengenai penjurusan kelas menjadi bekal siswa untuk dapat memperoleh gambaran dan merencanakan jurusan kelas. Sehingga, siswa dapat memilih jurusan kelas sesuai dengan bakat, minat dan potensinya serta terhindar dari kondisi mismatch. Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar keefektifan layanan penempatan dan penyaluran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merencanakan pemilihan jurusan kelas pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Randublatung tahun ajaran 2014/2015. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dilihat dari segi pengetahuannya yang kurang mengenai penjurusan kelas, untuk mengetahui peran layanan penempatan dan penyaluran untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh siswa dalam pemilihan dan perencanaan pemilihan jurusan kelas, serta untuk mengetahui seberapa besar keefektifan layanan penempatan dan penyaluran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merencanakan pemilihan jurusan kelas pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Randublatung tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode pra eksperimental dan menggunakan rancangan penelitian jenis one group pretest dan postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A sejumlah 36 siswa. penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sehingga sampel yang digunakan adalah populasi dalam penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perencanaan pemilihan jurusan kelas. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, didapat 33 butir item yang valid dan 7 butir item yang tidak valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Uji t. Setelah diadakan perhitungan, menghasilkan t (4,923) > t (2,021) maka dapat dikatakan bahwa hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga, layanan penempatan dan penyaluran sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merencanakan pemilihan jurusan kelas pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Randublatung tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan penempatan dan penyaluran efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merencanakan pemilihan jurusan kelas pada siswa kelas X A.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI