HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SEAVIN NASHRE
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0375

Abstract

ABSTRAK SEAVIN NASHRE : Hubungan Antara Disiplin dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata Kunci : Disiplin, Kebiasaan Belajar, Prestasi Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi masih merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi ttidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping proses belajar mengajar itu sendiri. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh kedisiplinan dalam belajar tetapi juga dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara disiplin dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015. penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan setiap variabel penelitian dan menemukan hubungan antara tiap variabel bebas dengan variabel terikat, serta menemukan hubungan secara bersama-sama antara disiplin dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif dan korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 64 siswa dari 2 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti mengambil 15% dari jumlah siswa perkelas. Sehingga diperoleh 32 siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah disiplin dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikansi untuk variabel motivasi sebesar 0.014 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015, atau Ha diterima. Untuk variabel disiplin belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0.019 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi siswa kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015, atau Ha diterima. Hasil pengujian secara stimulan diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi siswa kelas XI IPS SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015, atau Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien diterminasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 terhadap Y sebesar 0.204 atau 20.4%. Sedangkan sisanya sebesar 79.6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI