HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

INDRI MUJI SRI MULYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0372

Abstract

ABSTRAK Indri Muji Sri M, Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP KEDIRI, 2015. Kata kunci : kontrol diri, perilaku prokrastinasi akademik, korelasi. Setiap siswa mempunyai keinginan untuk mencapai prestasi dan masa depan yang baik. Namun pada beberapa siswa terdapat beberapa hal yang dapat menurunkan prestasi, salah satunya adalah perilaku prokrastinasi akademik atau perilaku penundaan tugas akademik. Perilaku penundaan tugas tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya kontrol diri pada seseorang dalam merencanakan dan melaksanakan tugas. Selain itu juga terdapat faktor-faktor lain seperti kondisi lingkungan dan kurangnya fasilitas pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana hubungan antara kontrol diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik parametris dengan menggunakan analisis asosiasif. Sedangkan instrumen penelitian dengan melakukan penyebaran angket kepada siswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sejumlah 50 siswa dari populasi 87 siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan prosedur korelasi product moment, setelah itu untuk menguji generalisasi dilakukan uji t dengan menggunakan taraf signifikansi 5% kemudian ditarik kesimpulan. Hasil pengolahan dan analisis data dengan teknik korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar -0,315 sedangkan r tabel sebesar 0,279 pada taraf signifikansi 5% hal ini menunjukkan r hitung > r tabel. Sedangkan uji t diperoleh t hitung 0,8720 dan t tabel 0,278 pada taraf signifikansi 5% hal ini menunjukkan t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa r hitung > r tabel, maka (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Pada t hitung > t tabel yang menunjukkan (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI