PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP SOSIALISASI YANG BAIK DENGAN TEMAN SISWA KELAS X TSM1 SMK MUHAMMADIYAH NGAWEN KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Author (Penulis)
UMMI AFIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0369
Abstract
ABSTRAK
UMMI AFIATI: Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi terhadap Sosialisasi yang Baik dengan Teman Siswa Kelas X TSM1 SMK Muhammadiyah Ngawen Kec. Ngawen Kota Blora Tahun Pelajaran 2014/ 2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Sosialisasi yang baik
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih sering dijumpai siswa yang kurang bisa bersosialisasi dengan baik. Disekolah, bimbingan pribadi diberikan untuk memfasilitasi siswa dan memberikan bekal agar siswa dapat bersosialisasi yang baik dengan teman. Bimbingan pribadi merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh seorang konselor kepada individu atau kelompok, dalam membantu individu untuk menghadapi dan memecahkan masalah-masalah pribadi, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Sosialiasasi adalah suatu proses belajar anggota kelompok atau masyarakat tentang kebiasaan didalam kelompok atau masyarakatnya yang berdasarkan aturan dan norma yang berlaku.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM1 SMK Muhammadiyah Ngawen. Sampel yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 10 siswa yang diambil dengan menggunakan sampling purposive dengan mengambil siswa yang memiliki sosialisasi rendah, yang diambil dengan memberi angket sosialisasi terlebih dahulu. Untuk tehnik analisa data menggunakan Uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pemberian layanan bimbingan pribadi terhadap sosialisasi yang baik dengan teman siswa kelas X TSM1 SMK Muhammadiyah Ngawen Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh t hitung sebesar 14,068 > 2,262, t tabel pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan pribadi terhadap sosialisasi yang baik dengan teman. Maka dengan ini disarankan kepada: (1) Guru kelas sebaiknya lebih memperhatikan perilaku para siswa dan dapat memberikan contoh perilaku yang baik. (2) Guru BK sebaiknya lebih bisa menjadi teman dan motivator bagi siswa- siswanya, agar siswa lebih bersahabat dan berani mengungkapkan segala pendapatnya ataupun masalah yang dihadapinya.