PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII A DI SMP N 1 JIKEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SELIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0365

Abstract

ABSTRAK Seliana : PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII A DI SMPN 1 Jiken TAHUN AJARAN 2014/2015. Kata Kunci : Bimbingan Pribadi Sosial dan Penyesuaian diri Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Terhadap Pengembangan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII A di SMPN 1 Jiken Tahun Ajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara signifikan dari variabel Bimbingan Pribadi terhadap Penyesuaian Diri Siswa kelas VII A SMPN 1 Jiken Tahun Ajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan atara bimbingan pribadi sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII A SMPN 1 Jiken tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Jiken tahun ajran 2014/2015 sejumlah 237 siswa. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah 10% dari populasi yaitu sebanyak 36 siswa diambil dengan menggunakan teknik secara random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner danmenggunakan data analisis deskriptif serta analisis kuantitatif dengan bantuan program statistikkomputerSPSS 16.0 for Windows. Dari Hasil Penelitian menemukan bahwa ada pengaruh pemberian bimbingan pribadi sosial terhadap kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII A SMPN 1 Jiken tahun pelajaran 2014/2015 dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Dari perhitungan dengan analisis t-test didapat harga t hitung = 9,920, sedangkan kriteria pengujian dengan df = 35 pada tabel taraf signifikansi 5% =2,03 atau dapat ditulis 9,920 > 2,03 Sehingga t hitung > t tabel , hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak; dengan demikian variabel bebas (layanan bimbingan pribadi sosial) efektif untuk meningkatkan variabel terikat( kemampuan penyesuaian diri ) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jiken Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan diatas dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan pribadi sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII A SMPN 1 Jiken Maka dari itu pemberian layanan bimbingan pribadi sosial itu merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII A SMPN 1 Jiken Tahun pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI