STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM MEMBANTU MENGEMBANGKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH NGAWEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RAHAYU TRI CANDRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0363

Abstract

Abstrak Rahayu tri candra: Strategi Layanan Bimbingan Karier dalam Membantu Pengembangan Kematangan Karier Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Strategi Layanan Bimbingan Karier, Pengembangan Kematangan Karier. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pendidikan merupakan peranan yang penting dalam kehidupan bangsa, maju tidaknya suatu bangsa dipengaruhi oleh kualitas pendidikan bangsa itu sendiri. Salah satu unsur pendidikan yang memiliki keterkaitan yang sangat strategis adalah layanan bimbingan dan konseling karier. Banyak lulusan SMK yang masih mengalami kesulitan dalam mewujudkan karier masa depannya Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah strategi layanan bimbingan karier efektif dalam membantu pengembangan kematangan karier siswa di SMK Muhammadiyah Ngawen?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK Muhammadiyah Ngawen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data mengenai kematangan karier siswa. Dan menggunakan teknik pra eksperimen one group pre test post test design, untuk menganalisa hasil data yang telah diperoleh dari angket menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karier efektif dalam membantu pengembangan kematangan karier siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen tahun pelajaran 2014/ 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh t hitung sebesar 31,378 > 1,943 t tabel pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karier efektif dalam membantu pengembangan kematangan karier siswa. Maka dengan ini disarankan kepada konselor hendaknya lebih banyak melakukan kegiatan layanan bimbingan dan konseling secara aktif kepada siswa, terutama layanan bimbingan karier agar siswa lebih mengerti dan memahami pentingnya karier dan perencanaannya sehingga dapat mencapai pencapaian karier yang optimal kelak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI