PENERAPAN MODEL PERMAINAN TULIS CERITA BERPUTAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 JAPAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PANTI KUSTIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0362

Abstract

ABSTRAK PANTI KUSTIYAH, Penerapan Model Permainan Tulis Cerita Berputar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII-A SMPN 1 JAPAH Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP KEDIRI 2015 Kata Kunci : permainan, kreativitas Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2014 sampai dengan 25 Februari 2015. Eksperimen ini bertujuan untuk mendapatkan bukti konkrit dan signifikan bahwa permainan tulis cerita berputar dapat meningkatkan kreativitas. Kreativitas adalah suatu kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatny baru (novel), berguna (useful),dan dapat dimengerti (understandable). Penulis berusaha untuk meningkatkannya dengan memberikan layanan bimbingan kelompok melalui permainan tulis cerita berputar. Permainan adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang membantu seseorang dalam mencapai perkembangan yang utuh baik, secara fisik, intelektual, sosial, moral, maupun emosional. (Joan Freeman dan Utami Munandar,1996) Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre test post test design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sasaran penulis dalam melaksanakan penelitian yaitu individu yang memiliki tingkat kreativitas rendah. Sampel itu terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Analisis data menggunakan hasil scoring angket. Adapun hasilnya yaitu AS yang semula memiliki skor 51 saat pre test berubah menjadi 82, DSA yang semula 54 menjadi 78, EJI yang semula 51 menjadi 80, JS yang semula 52 menjadi 87, dan YS yang semula 50 menjadi 85. Selain itu analisis data juga menggunakan Paired Samples T-Test. Pada pre test terdapat mean sebesar 51,60 dengan standar deviasi 1,517. Sedangkan saat post test terdapat mean sebesar 82,40 dengan standar deviasi 3,647, dengan nilai t hitung=-14,958>t tabel 2,776 dan p=0,000(p<0.05) yang berarti bahwa terdapat peningkatan kreativitas pada kelima konseli setelah diterapkan permainan tulis cerita berputar. Dengan berhasilnya peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan permainan tulis cerita berputar berarti tujuan dari penelitian ini tercapai.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI