PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VIII MTs SA MAMBAUL HUDA KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NOVIAN SERA RISKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0359

Abstract

Abstrak NOVIAN SERA RISKI :Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII MTs SA Mambaul Huda Ngawen Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Perilaku Siswa Setiap orang memiliki perilaku yang berbeda-beda, baik menurut sekelompok orang belum tentu baik pula untuk sekelompok orang lain. Apalagi pada peserta didik yang masih remaja, mereka cenderung memilki perilaku yang kurang baik. Hal itu dapat terjadi karena pengaruh dari lingkungan. Namun semua itu dapat dihindari dengan memberikan bimbingan sosial seperti tata krama, tata cara pergaulan, sopan santun dalam bergaul, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperiment one grup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs SA Mambaul Huda Ngawen. Sampel yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang diambil dengan cara proportional random sampling. Untuk tehnik analisa data menggunakan Paired Samples t-test dengan bantuan aplikasi PSPP 0.7.8 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pemberian layanan bimbingan sosial terhadap perilaku siswa kelas VIII MTs SA Mambaul Huda Ngawen Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh setelah treatment diberikan adalah sebesar 6,96 (taraf signifikan ?=0,05=95%) Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) Guru kelas sebaiknya lebih memperhatikan perilaku para siswa dan dapat memberikan contoh perilaku yang baik. (2) Guru BK sebaiknya lebih bisa menjadi teman bagi siswa-siswanya, supaya siswa tidak merasa takut ketika bertemu dengan guru BK dan agar siswa lebih berani mengungkapkan segala pendapatnya. (3) Siswa sebaiknya mampu berperilaku dan bertutur kata baik dengan siapa saja. (4) Peneliti dapat mengadakan kembali dan dapat menumbuhkan ide kreatif dan inovatif untuk para guru BK dan orang tua untuk dapat membimbing anaknya dalam berperilaku yang baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI