HUBUNGAN KECERDASAN EMOSINAL DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMA KATHOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NINDA PERMATA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0358
Abstract
ABSTRAK
Ninda Permatasari : Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Komunikasi Siswa Kels X SMA Katholik Wijaya Kusuma Blora Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata kunci: kecerdasan emosional dan komunikasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa selama ini banyak dari berbagai orang beranggapan kecerdasan emosional tidaklah penting dalam kehidupan bermasyrakat khususnya mengontrol perilaku itu sendiri. Untuk memiliki sikap yang baik mereka berangapan bahwa hanya kecerdasan intelegensilah yang paling penting sehingga mereka mengabaikan kecerdasan emosional dalam menggapai prestasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi siswa, apakah saling berhubungan atau tidak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Katholik Wijaya Kusuma Blora. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa angket mengenai kecerdasan emosional dan Angket komunikasi siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada korelasi yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi pada siswa kelas X SMA Katholik Wijaya Kusuma Blora Tahun Pelajaran 2014/2015, sehingga antara keduanya tidak saling berpengaruh.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dengan komunikasi pada siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus menyeimbangkan antarkecerdasan emosional dengan pemahaman tentang berkomunkasi dengan baik, sehingga para siswa akan memiliki sikap yang baik.