PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KRISDIANTORO HERI WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0357

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul ”Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur”. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa inggris bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur tahun ajaran 2014/2015. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa inggris bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur tahun ajaran 2014/2015. Populasidalampenelitianiniadalah seluruh siswakelasVIII SMP Negeri 1 Pancur tahun ajaran 2014/2015sejumlah224siswa.PenelitianinimenggunakanPurposive random sampling, dan sampel yang digunakanadalahberjumlah 32 siswa yatu siswa kelas VIII A. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perencanaan pemilihan tempat kelas. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, didapat 32 butir item yang valid dan 8 butir item yang tidak valid. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest dan postest design. Variabel yang digunakan ada 2, variabel bebas Bimbingan belajar yang dilambangkan dengan (X) sedangkan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa inggris sebagai variabel terikat dilambangkan dengan (Y). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Uji t. Setelah diadakan perhitungan, menghasilkan t (3,465 ) > t ( 2,021) sehingga bimbingan belajar yang diberikan kepada siswa berpengaruh terhadapp kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa inggris bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur tahun ajaran 2014/2015. Disarankan kepada sekolah hendaknya ada kerjasama baik dengan semua personil sekolah terutama guru bahasa inggris, agar pelaksanaan bimbingan belajar itu sendiri dapat berjalan dengan baik dan maksimal serta apa yang menjadi tujuan dari pemberian bimbingan belajar yaitu untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran bahasa inggris dapat tercapai secara optimal. Sekolah dapat memberikan fasilitas yang lebih memmadai untuk menunjang terciptanya bimbingan belajar yang efektif, efisien dan nyaman untuk siswa. Disarankan kepada guru pembimbing hendaknya dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan bimbingan belajar dengan berbagai layanan baik dengan cara bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal guna mengembangkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran bahasa inggris ke arah yang lebih baik lagi. Disarankan kepada siswa hendaknya mendukung bimbingan belajar yang diberikan oleh guru pembimbing agar kepercayaan diri siswa terutama dalam mata pelajaran bahasa inggris dapat meningkat sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar yang diinginkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI