HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 JEPON, KECAMATAN JEPON, KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

IDA ROFIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0354

Abstract

ABSTRAK IDA ROFIANI, Hubungan Konsep Diri Dengan Tingkah Laku Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2014 / 2015, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling, April, 2015. Setiap orang memiliki pribadi yang berbeda – beda. Perbedaan kepribadian itu erat hubungannya dengan tingkah laku seseorang. Usaha – usaha untuk mengerti perilaku atau menyingkap kepribadian manusia sudah lama dilakukan, dimulai dengan cara yang paling sederhana, yang tergolong pendekatan non ilmiah, sampai dengan cara – cara yang modern atau pendekatan ilmiah. Perbuatan seseorang dapat dinilai baik dan tidak baik oleh orang lain, yang menilai adalah orang lain. Bahkan dirinya sendiri tidak dapat menilai kepribadian dirinya sendiri. Dengan adanya faktor itu maka setiap pribadi harus mempunyai konsep diri. Konsep diri ini perlu dikembangkan dengan melihat tiga faktor di atas yaitu pembawaan, pendidikan dan lingkungan. Pengertian mengenai tingkah laku mengandung maksud perbuatan yang layak dilakukan oleh seseorang. Misalnya, seseorang itu harus selalu berbuat baik demi kebaikan orang banyak dan dilarang berbuat jahat demi orang banyak karena perbuatannya merugikan orang lain. Perbuatan yang layak dan tidak layak juga dipengaruhi oleh sikap, pembawaan, pendidikan dan lingkungan. Pengaruh itu timbul karena faktor pembawaan yang dibawa sejak lahir atau pendidikan dalam keluarga. Sedangkan pengaruh pendidikan mestinya juga menambah wawasan pada anak itu sendiri dari berbagai macam jenis, yang dalam prosesnya juga dilaksanakan dengan berbagai jenis pula. Maka sebagai akibat dari proses pengaruh lingkungan nampaknya akan menimbulkan hasil yang berbeda – beda tergantung modal dasar tingkah laku yang dimiliki oleh anak itu. Dalam penelitian ini ada dua variabel, yaitu variabel bebasnya konsep diri siswa, sedangkan variabel terikatnya adalah tingkah laku siswa. Teknik penelitian menggunakan Expost facto dan pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Jepon.Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora tahun pelajaran 2014/ 2015 sejumlah 34 siswa,. Adapun teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik random sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment untuk menguji hipotesis yang dikemukakan. Hasil perhitungan yang diperoleh dengan Korelasi Product Moment adalah 0,530 > 0,339 nilai rxy tabel taraf signifikansi 5% dengan N = 34, maka H0 ditolak, yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan tingkah laku para siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora tahun pelajaran 2014 / 2015. Berdasarkan rumusan masalah, rumusan hipotesis dan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan tingkah laku para siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora tahun pelajaran 2014 / 2015, yang berarti semakin baik konsep diri seorang anak, yaitu persepsi anak tentang sifat dan potensi yang dimilikinya, gambaran dan pandangan dirinya, kepribadian, ketrampilan serta wawasan luas, maka akan semakin baik pula tingkah laku anak tersebut. Demikian sebaliknya, semakin jelek konsep diri anak maka akan semakin jelek pula tingkah lakulnya. Selain hal tersebut tingkah laku juga dipengaruhi oleh faktor – faktor lain, seperti faktor dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI